Pentas di Event Perusahaan

Kali ini tim Samurti Andaru Laras (SAL) mendapat kesempatan tampil pada 8 Desember 2015 di sebuah event internal perusahaan, Indonesia Infrastructure Finance (IIF) di Ritz Carlton hotel, SCBD, Jakarta. Kesepakatan awal loading alat-alat gamelan bisa dilakukan pada hari H di siang hari. Tetapi kami memilih untuk melakukannya pada malam sebelumnya atau H-1. Karena event di ballroom yang akan digunakan masih dipakai, maka alat-alat gamelan kami baru bisa masuk pada jam 23.00. Jam 00.00 loading alat-alat pun selesai dan kami bisa lebih tenang untuk pentas besok.

Tibalah hari H, Selasa 8 Desember. Karena sedikit kesalahan koordinasi alat-alat yang akan dibawa, pemain gong memohon tambahan jumlah gong untuk menyesuaikan dengan lagu bernada Pelog yang akan dimainkan. Beruntung waktu yang tersedia masih mencukupi dan kekurangan jumlah gong pun diantar siang hari di hari H.

Mendekati waktu pentas, sejak jam 15.30 satu-persatu anggota tim Samurti sudah sampai di lokasi yaitu di ballroom 1. Panggungnya sangat apik dan unik berbentuk gubug. Mulai jam 17.30 tamu-tamu perusahaan mulai berdatangan. Karena tema eventnya adalah nuansa Jawa Tengah, mulai dari pojok Photo Booth sampai makanan dan minuman yang disajikan menyesuaikan dengan tema. Seluruh tamu menggunakan pakaian adat Jawa yang unik dan warnanya menyesuaikan divisi masing-masing. Kaum perempuan memakai kebaya dan rambut disanggul, sedangkan kaum pria memakai beskap, blangkon, dan selop karet.

IMG_1291.JPG
Menyambut tamu-tamu yang berdatangan

Waktu pentas yaitu jam 18.00 telah tiba. Tim Samurti pun mulai memainkan lagu-lagu bernada Pelog. Ada 10 lagu yang kami mainkan, yaitu Ldr Ayun-ayun, Ngidam Sari, Yen In Tawang, Ilir Ilir, Klinci Ucul, Setya Tuhu, Caping Gunung, Ojo Lamis, Kuwi Opo Kuwi, dan Perahu Layar. Ada 6 personil, dimulai dari pak Giono yang melatih tim Samurti setiap minggunya, memainkan alat gender; pak Dono memainkan kendang; mbak Icha di posisi peking;  mas Achi di posisi saron, mas Panji di posisi gong, dan sinden diisi oleh ibu Tini. Tim kami bermain selama kurang lebih 1 jam di area foyer ballroom sampai para tamu masuk ke dalam ruang rapat di belakang panggung gamelan.

IMG_1290
suasana “Jowo banget” di foyer ballroom Ritz Carlton hotel, Jakarta

Setelah pentas kami berfoto bersama di foto booth dan secangkir wedang jahe hangat menjadi penutup pentas yang manis. Akhir kata kami mengucapkan terimakasih banyak untuk mbak Betty beserta tim event organizer Broadcast Design Indonesia yang telah mempercayakan jasa kami untuk menghibur para tamu. Sampai jumpa di pentas selanjutnya! 🙂

IMG_20151209_0003
Photobooth event

Iklan

Penulis: Samurti Andaru Laras

instagram @salgamelan twitter @SAL_gamelan gamelananakmuda@gmail.com

One thought on “Pentas di Event Perusahaan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s